Minggu, 27 Januari 2013

Petrologi

PETROLOGI


Definisi:
    Petrologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari batuan pembentuk kulit bumi, yang mencakup mengenai cara terjadinya, komposisi, klasifikasi batuan dan hubungan dengan proses-proses dan sejarah geologinya.
    Batuan didefenisikan sebagai semua bahan yang menyusun kerak bumi dan merupakan suatu agregrat (kumpulan) mineral yang telah menghablur. Tidak termasuk batuan adalah tanah dan bahan lepas lainnya yang merupakan hasil pelapukan kimia maupun mekanis serta proses erosi batuan.
    Batuan sebagai agregrat mineral-mineral pembentuk kulit bumi secara genesa dapat dikelompokkan dalam tiga jenis batuan, yaitu:

  1. Batuan Beku (Igneous Rock), adalah kelompok interlocking agregrat mineral-mineral silikat hasil magma yang mendingin.
  2. Batuan Sedimen (Sedimentary rock), adalah batuan hasil lithifikasi bahan rombakan batuan hasil denudasi atau hasil reaksi kimia maupun hasil kegiatan organisme.
  3. Batuan Metamorf (Metamorphic Rock), adalah batuan yang berasal dari suatu batuan induk yang mengalami perubahan tekstur dan komposisi mineral pada fase padat sebagai akibat perubahan kondisi fisika (tekanan, temperatur atau tekanan dan temperatur).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar